PELAKSANA

Just another WordPress site

Pelaksana

Layanan Muba Siaga 112 dilaksanakan oleh Pusat Panggilan Kedaruratan
dan Unit Penanganan Kedaruratan. Pusat Panggilan Kedaruratan
dilaksanakan oleh perangkat daerah yang menangani urusan pemerintahan di
bidang komunikasi  dan informatika, dengan tugas :

a.menerima panggilan keadaan darurat dari masyarakat;

b.antar muka penanganan keadaan darurat dalam memberikan informasi keadaan darurat ke unit penanganan kedaruratan;

c.meneruskan informasi keadaan darurat ke unit penanganan kedaruratan; 

d.rekapitulasi penerimaan panggilan darurat dari masyarakat berupa nomor, lokasi, dan waktu penerimaan informasi; dan

e.rekapitulasi pengiriman informasi keadaan darurat ke unit
penanganan kedaruratan yang disertai dengan waktu pengiriman informasi.

Pusat Panggilan Kedaruratan beroperasi selama 24 jam  (dua puluh
empat) jam setiap hari selama 7 (tujuh) hari dalam seminggu secara terus
menerus. Dioperasikan sehari-harinya oleh petugas yang terdiri dari :
 supervisor dan operator panggilan darurat. Dalam melaksanakan
penanganan panggilan kedaruratan, Petugas pada Pusat Panggilan
Kedaruratan harus berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP)
yang berlaku.

Unit Penanganan Kedaruratan, dilaksanakan oleh perangkat daerah yang
mengurusi penanganan kondisi darurat, antara lain : perangkat daerah
yang menangani urusan di bidang penanggulangan bencana; urusan di bidang
kesehatan; urusan di bidang pemadam kebakaran; urusan di bidang
ketenraman dan ketertiban umum; urusan di bidang pemberdayaan perempuan
dan perlindungan anak; urusan di bidang perhubungan; urusan di bidang
sosial; urusan di bidang pekerjaan umum; dan rumah sakit umum daerah;

Unit Penanganan Kedaruratan, mempunyai tugas :

a.menerima informasi keadaan darurat dari Pusat Panggilan Kedaruratan;

b.antar muka penanganan keadaan darurat dalam memberikan informasi keadaan darurat ke Pusat Panggilan kedaruratan;

c.menindaklanjuti  informasi keadaan darurat yang dilaporkan oleh masyarakat;

d.meneruskan informasi penanganan keadaan darurat ke Pusat Panggilan kedaruratan; 

e.rekapitulasi penerimaan informasi keadaan darurat dari Pusat
Panggilan Kedaruratan berupa nomor, lokasi, dan waktu penerimaan
informasi; dan

f.rekapitulasi penanganan keadaan darurat yang disertai dengan waktu penanganan.

Unit Penanganan Kedaruratan beroperasi selama 24 jam setiap hari
selama 7 hari dalam seminggu secara terus menerus, yang dioperasikan
sehari-harinya oleh petugas yang terdiri dari : operator panggilan
darurat dan tim respon kedaruratan. Dalam melaksanakan penanganan
kedaruratan, Petugas pada Unit Penanganan Kedaruratan berpedoman pada
SOP yang berlaku.